wow, inilah bahaya dari durian

Ketahui Manfaat dan Bahaya Durian bagi Kesehatan. Buah durian merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit dikalangan masyarakat, karena selain baunya yang sedap, rasa buah durian pun sangat nikmat. Di era modern ini,buah durian bahkan diolah menjadi berbagai macam makanan nikmat. Seperti cake durian, sop durian, dll. Tapi tahukah anda bahwadibalik rasa nikmat durian mengandung banyak manfaat dan bahaya?

Nah dalam artikel ini saya akan menjelaskan mengenai manfaat dan bahay durian. Berikut ini beberapa manfaat dari buah durian:


Manfaat Buah Durian

Mengatasi Sembelit
Durian bisa menjadi buah yang bagus untuk pencernaan, sehingga buah ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan seseorang. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.

Bagus untuk Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin C dalam buah durian menjadikan buah berkulit duri ini bagus dalam mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit. Vitamin dalam durian berperan sebagai anti oksidan yang bagus menjaga kerusakan sel kulit.

Mengatur Kestabilan Darah
Buah durian bisa mengstabilkan darah, ini dkikarenakan dalam buah ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidak bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.


Bahaya Buah Durian

Menyebabkan Kematian Janin
Janin yang ada di dalam kandungan tidak mampu menahan panas yang berlebihan. Jika wanita hamil memakan durian, efeknya di perut akan panas. Panas berlebih akan memicu kematian janin. Rasa panas tersebut akibat kandungan alkohol yang tinggi. Kadar alkohol tinggi juga ditemukan pada buah nangka, buah nanas dan tape.  Buat ibu hamil sebaiknya meminimalisir konsumsi semua buah tersebut.

Menyebabkan Penyakit Jantung
Penyakit jantung bisa disebabkan oleh konsumsi durian secara berlebihan. Kasus orang meninggal dikarenakan sudah ada riwayat sakit jantung di dalam dirinya. Penyakit jantung yang diderita akan diperburuk dengan konsumsi durian yang berlebihan. Penyebab seseorang terkena sakit jantung dan berakibat kematian adalah degup jantung cenderung cepat. Alkohol dan kandungan kolesterol yang tinggi pada buah durian membuat detak jantung penderita jantung terpacu lebih cepat lagi.

Menyebabkan Diabetes
Orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes atau kencing manis tidak boleh memakan buah durian lebih dari dua buah. Kandungan glukosa yang tinggi dalam durian bisa memacu naiknya kadar gula darah, sehingga resiko terkena diabetes semakin besar.

Penderita diabetes tidak boleh memakan durian lebih dari lima biji. Kandungan glukosa di dalam durian bisa menaikkan kadar gula darah penderita diabetes lebih cepat dibandingkan dengan glukosa di dalam gula pasir. Akan sangat berbahaya ketika penderita diabetes mengkonsumsi durian berlebih, selain menaikkan gula darah juga bisa menyebabkan kematian akibat gula darah tinggi.

Menyebabkan Kolestrol
Durian mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Bagi orang yang sebelumnya memiliki riwayat kolesterol sebaiknya jangan mengkonsumsi durian secara berlebihan. Memakan durian secara berlebihan bisa memancing kadar kolesterol naik. 

Jika ingin memakan durian, makanlah paling banyak satu buah saja. Jika kolesterol tinggi akan memancing semuanya menjadi tinggi seperti asam urat tinggi. Dengan kolesterol dan asam urat tinggi bisa memancing terjadinya komplikasi. Komplikasi inilah yang sangat fatal bagi kesehatan seseorang.

Menyebabkan Kematian bagi Penderita Hipertensi
Orang yang terkena hipertensi biasanya memiliki komplikasi dengan penyakit jantung. 
Kandungan alkohol yang ada di dalam buah durian mampu menaikkan tekanan darah penderita hipertensi. Tekanan darah naik akan memicu detak  jantung lebih cepat dan terserang penyakit jantung secara mendadak. 

Tensi darah seseorang yang sering berada di atas tekanan 200 akan membuat dirinya rentan terkena penyakit jantung. Jika tekanan darah dan jantung menyerang secara bersamaan, efek kematian bisa terjadi padanya.

Itulah beberapa manfaat dan bahaya dari buah durian, ada baiknya anda tidak terlalu berlebihan saat mengkonsumsi buah durian. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga Manfaat buah langsat.


Sumber: http://www.manfaatbuahan.com/2015/07/ketahui-manfaat-dan-bahaya-durian-bagi.html#ixzz3zwKfr68T

No comments:

Post a Comment