manfaat lengkap dari buah semangka

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan. Semangka (Citruluss Lanatus) merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin, 92% yang ada dalam semangka mengandung air, kandungan gizi semangka yang lain yaitu buah ini kaya akan Vitamin A yang sekitar dengan 590 UI, Vitamin C dan Vitamin E juga mengandung Likopen yang Cukup Tinggi, yang berfungsi sebagai antioksidan. 

Selain kaya akan Vitamin, semangka juga merupakan buah yang akan akan nutrisi diantaranya seperti karbohidrat, energi, lemaj, serat pangan, gula, dan protein, sedangkan mineral yang terdapat di dalamnya adalah kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng dan zat besi. Bagi sebagian orang terutama wanita, semangka dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk kecantikan seperti sebagai masker wajah, vitamin rambut dan menghilangkan bekas jerawat di wajah.
  
Akan tetapi tahukah anda? Selain bermanfaat untuk kecantikan, semangka juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. 

Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah semangka yang dapat membantu proses pembersihan zat-zat berbahaya dalam tubuh kita seperti racun, tepatnya pada organ ginjal. 


Manfaat Buah Semangka

Antioksidan 
Selain bermanfaat untuk membantu menjaga kalsium dalam tubuh, fungsi likopen dalam tubuh juga dapat menangkal radikal bebas yang disebabkab oleh polusi udara, makanan, dan melemahknya sistem imun dalam tubuh. Selain itu, semangka juga mampu mendukung diuretic dan ginjal karena buah ini mampu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh kita. 

Mengontrol Tekanan Darah
Bagi anda yang memiliki tekanan darah melebihi angka normal maka anda rentan terkena resiko terhadap penyakit jantung. Salah satu senyawa yang anda butuhkan yaitu karetonid yang dapat anda temukan dengan mudah dalam buah semangka. Sehingga tidak ada salahnya bagi anda untuk mengkonsumsi semangka. 

Menjaga Kesehatan Tulang 
Salah satu kandungan yang terdapat semangka yaitu kaya akan likopen yang bermanfaat untuk membantu menjaga kalsium dalam tubuh kita, sehingga tulang akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah keoropos. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 
Vitamin C yang terdapat dalam semangka dapat bermanfaat untuk mambantu menjaga kita dari oksigen reaktif atau zat-zat yang dapat meruska sel-sel dalam tubuh. 

Menjaga Jantung 
Semangka juga dapat dikatakan sebagai salah satu buah yang dapat kita konsumsi, karena semangka mampu melancarkan jalannya sirkulasi darah sehingga jantung akan senantiasa sehat dan mencegah serta mengurangi resiko terkena penyakit asma. 

Menjaga Kesehatan Mata 
Seperti yang telah kita ketahui bahwa semangka kaya akan Vitamin A yang tentu saja dapat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata, sehingga mata kita senantiasa tetap sehat dan mengurangi resiko terkena rabun baik itu rabun dekat maupun rabun jauh. 

Mengurangi Kelebihan Cairan 
Kandungan kalium yang terdapat dalam semangka mmapu mengurangi kelebihan cairan yang terdapat dalam tubuh kita, selain itu semangka juga dapat meningkatkan reflex otot dan syaraf dalam tubuh. 

Mengurangi Lemak 
Semangka juga dapat membantu untuk mengurangi lemak berlebih pada tubuh, bagi anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi semangka sebagai salah satu sarana penunjang diet anda. 

Obat Sariawan 
Manfaat yang terakhir dari buah semangka yaitu dapat membantu mengobati sariawan, karena semangka kaya akan Vitamin C, sehingga baik bagi anda untuk mengkonsumsi semangka dalam proses penyembuhan luka sariwan dengan cara membunuh bakteri di mulut. 

Demikianlah beberapa Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, terimakasih telah membaca artikel ini. dan bisa baca juga Manfaat Alpukat bagi Kesehatan.


Sumber: http://www.manfaatbuahan.com/2015/06/manfaat-buah-semangka-untuk-kesehatan.html#ixzz3zwI8nFRD

No comments:

Post a Comment