manfaat sirsak sangat banyak

11 Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan Tradisional. Pohon sirsak banyak tumbuh di daerah tropis, ternyata selain dapat dikonsumsi buahnya, dau pohon sirsak pun memiliki banyak manfaat dalam dunia pengobatan tradisional. Nama latin dari tanaman ini adalah annona muricata L. Termasuk jenis tanaman yang memiliki akar kuat, mampu menghasilkan buah yang menyehatkan.
Daun sirsak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol,caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin, Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut ini 11 manfaat daunsirsak bagi pengobatan tradisional:


Manfaat Daun Sirsak

Mengobati Diabetes
Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat ramuan ini adalah daun sirsak yang masih muda. Setelah itu, rebus menggunakan air dan tunggu hingga mendidih. Anda bisa meminum ramuan tersebut secara rutin setiap hari agar diabetes yang Anda derita dapat cepat teratasi. Waktu yang paling baik untuk meminum ramuan ini adalah pada malam hari sebelum tidur

Mengobati Asam Urat
Asam urat merupakan penyakit yang menyerang seseorang akibat penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang berlebihan. Biasanya, purin banyak dikandung oleh buah belinjo. Bagi anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini, tidak usah risau karena penyakit tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun sirsak. Cara memanfaatkannya adalah dengan membuat rebusan air daun sirsak kemudian meminumnya selagi hangat. Selain menyembuhkan penyakit asam urat, air rebusan daun sirih juga berkahasiat sebagai pencegah penyakit diabetes mellitus.

Menurunkan Kolestrol
Daun sirsak mengandung zat yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat dari tubuh anda. Biasanya, kolesterol jahat ini muncul akibat anda kurang selektif dalam memilih makanan. Contoh makanan yang kaya akan kolesterol jahat adalah bebek goreng, ayam goreng, gorengan dan makanan yang mengandung banyak minyak. Cara memanfaat kannya dengan direbus dan diminum air rebusannya.

Mengobati Kanker
Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang pengobatannya cukup sulit, Berdasarkan penelitian, daun sirsak mengandung zat proaktif yang mampu membunuh sel kanker. Zat proaktif didalam daun sirsak juga mampu melihat sel mana yang harus dibunuh dan sel mana yang harus tetap hidup. Karena itulah, daun sirsak ini dipecaya memiliki keampuhan hingga 100 kali lipat dibandingkan pengobatan kanker melalui kemoterapi. Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang tidak terlalu tua kemudian meminum air rebusannya.

Obat Wasir
Penderita wasir harus menghindari makanan pedas dan asam, karena kedua jenis makanan tersebut bisa menjadi pemicu munculnya wasir. Namun, selain itu, pengobatan dari dalam perlu juga. Salah satu obat tradisional untuk mengatasi wasir adalah daun sirsak. Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa hanya satu gelas. Minum air rebusan tersebut sekali sehari.

Mengobati Sakit Pinggang
Untuk mengobati sakit pinggang, anda dapat merebus 20 lembar daun sirsak dengan lima gelas air, rebus hingga menjadi tiga gelas saja, kemudian minumlah secara rutin ¾ gelas dalam sehari

Mengobati Rematik
Daun sirsak juga dapat digunakan untuk menobati rematik, caranya dengan menumbuk daun sirsak itu dan meletakkannya dibagian yang sakit, anda perlu melakukan ini hingga beberapa hari sampai rematik benar-benar sembuh

Menghilangkan Bisul
Bisul adalah salah satu gangguan kulit yang menjadi momok selain nyeri, ternyata bisul muncul tidak kenal tempat. Bisa di tubuh bisa juga diwajah, nah yang paling merepotkan bila munculnya di wajah karena bisa mengganggu kecantikan. Caranya, ambil lima sampai 10 lembar daun sirsak yang masih muda lalu tempelkan ditempat yang terkena bisul hingga bisul mengering.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Caranya, siapkan 4/5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.

Menurun Tekanan Darah Tinggi
Daun sirsak juga memiliki kandungan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan merebus daun sirsak yang masih muda dan mengkonsumsinya secara rutin.

Menyembuhkan Peradangan
Anda dapat memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati peradangan seperti radang tenggorokan, pencernaan dan usus dengan mengkonsmsi air rebusannya secara rutin.

Itulah beberapa manfaat daun sirsak bagi pengobatan tradisional. Untuk mendapatkan kesembuhan tentu tidak didapatkan secara praktis, anda harus mengkonsumsinya secara rutin sampai 3/4 minggu. Dan perlu dim imbangi oleh pola hidup sehat serta olahraga teratur. Semoga rtikel ini bermanfaat. Baca juga manfaat daun sirsak.


Sumber: http://www.manfaatbuahan.com/2015/07/11-manfaat-daun-sirsak-untuk-pengobatan.html#ixzz3zwNWNmOt

No comments:

Post a Comment