khasiat belimbing

Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan. Buah belimbing atau yang biasa disebut dengan buah bintang atau dalam bahasa latin nya bernama Avehoa Carambola L merupakan salah satu buah yang dapat dikatakan jarang dikonsumsi oleh kebanyakan orang, padahal jika dilihat dari segi warna nya yang kekuningan bila sudah matang dan rasa dari buah belimbing yang manis ternyata buah ini mengandung serat yang tinggi dan tentu saja banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Selain kaya akan manfaat dan mempunyai serat yang tinggi, juga terdapat kandungan gizi yang ada didalamnya seperti vitamin, dan mineral yang tentu saja sangat baik baik dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Unsur vitamin dan mineral tersebut antara lain seperti energi, karbohidrat, gula, diet serat, lemak, protein, asam pantotenat (B5), folat (Vit. B9), vitamin C, fosfor, kalsium, dan seng. 
  
Dengan adanya berbagai nutrisi yang dimiliki buah belimbing, tentu saja buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat dari buah belimbing. 


Manfaat Buah Belimbing

Baik untuk Pencernaan 
Kandungan serat tinggi yang terdapat pada buah dan kulit belimbing mampu memberikan pasokan serat makanan, sehingga serat tersebut dapat membantu melindungi selaput lendir usus dari papaaran zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Sehingga membuat pencernaan menjadi lebih sehat, selain itu juga mencegah resiko gejala kanker usus besar. 

Antioksidan 
Salah satu kandungan dalam buah belimbing yaitu kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, dalam 100 gram buah belimbing terdapat sebanyak 43 gram. Sehingga dengan adanya senyawa tersebut dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang disebabkab oleh polusi udara, makanan, dan melemahnya sistem imun dalam tubuh.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi 
Buah belimbing juga mengandung sejumlah mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, besi dan seng. Dimana kalium merupakan senyawa atau komponen yang penting dari sel dan cairan tubuh yang mampu membantu dalam mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. 
Bagi anda yang sedang dalam penyembuhan hipertensi atau memiliki tekanan darah melebihi angka normal maka anda rentan terkena resiko terhadap penyakit jantung. Salah satu senyawa yang anda butuhkan yaitu kalium yang dapat anda temukan dengan mudah dalam buah belimbing. Sehingga tidak ada salahnya bagi anda untuk mengkonsumsi buah ini. 

Mengatasi Gangguan Ginjal 
Bagi anda yang memiliki keluhan pada gangguan ginjal, maka salah satu buah yang dapat anda jadikan sebagai alternative alami untuk penyembuhan penyakit tersebut adalah buah belimbing, karena buah ini mengandung asam oksalat yang sangat tinggi. 

Meningkatkan Cara Kerja Enzim 
Buah belimbing merupakan salah satu buah yang berperan sebagai sumber Vitamin B kompleks, diantaranya seperti Riboflavin dan Pridoksin dimana kedua vitamin tersebut dapat membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme tubuh manusia. 

Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat 
Salah satu hal yang menjadi penyebab dan paling ditakutkan oleh sebagian besar orang adalah kolesterol dan lemak yang berlebih pada tubuh. Yang harus anda ketahui adalah, bahwa buah belimbing ini ternyata bebas dari dua hal tersebut. Karena pada buah belimbing terdapat zat pectin yang dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Sehingga baik dikonsumsi bagi anda yang sedang dalam program diet dan penderita gejala penyakit diabetes. 

Itulah beberapa manfaat dari buah belimbing. Selain baik untuk kesehatan, buah ini juga dapat mengobati beberapa penyakit diantaranya seperti digunakan untuk obat batuk, obat jerawat, obat gondok, obat panu dan obat rematik. Baca juga manfaat daun pegagan.


Sumber: http://www.manfaatbuahan.com/2015/07/manfaat-buah-belimbing-bagi-kesehatan.html#ixzz3zwJNKaZH

No comments:

Post a Comment