manfaat lengkap duku

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan. Buah duku adalah jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae.Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buahlangsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan pelbagai variasinya.Nama-nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya anekakultivar yang tercermin dari bentuk buah dan pohon yang berbeda-beda.

Buah duku juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.berikut ini beberapa manfaat dari buah duku :


Manfaat Buah Duku

Menguatkan  Gigi
Duku dapat menguatkan gigi karena  kandungan fosfor yang ada didalamnya.anda bisa mengkonsumsinya dengan teratur untuk menguatkan gigi.

Sebagai Antioksidan
Sebagaimana yang kita tau bahwa vitamin C berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah nutrisi yang mempunyai fungsi untuk menghalangi beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dihasilkan tubuh ketika melakukan proses merubah makanan menjadi energi. Antioksidan juga mengurangi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh zat beracun dan polusi.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Karena buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Mencegah Penuaan Dini
Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Bahkan dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun, ataupun polusi. Sebetulnya radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.

Mencegah Kolestrol
Adanya kandungan vitamin C pada buah duku, sehingga dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu.

Menurunkan Berat Badan
Kandungan di dalam buah duku bisa mengaktifkan senyawa carnitine yang berperan di dalam pembakaran lemak tubuh, dengan metabolisme lemak yang lancar sangat efektif untuk menurunkan berat badan, diet anda menjadi lebih mudah.

Menjaga Kesehatan Kulit 
Vitamin E dalam buah duku dapat menjaga elastisitas kulit anda dan juga melindunginya dari pengaruh buruk sinar matahari, kelembapan juga akan tetap terjaga, kulit menjadi sehat dan cerah

Mencegah Penuaan Dini
Kandungan vitamin C dalam buah duku merupakan antioksidan yang sangat baik untuk melawan bahaya radikal bebas, dan juga efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti gari haluspadawajah dan juga flek hitam.

Menjaga Kesehatan Gusi
Duku mengandung banyak sekali vitamin D yang sangat bermanfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan gusi, bagian dalam mulut ini memang rawan terkena berbagai macam masalah seperti gusi berdarah, sariwan dan iritasi yang membuat andamenjadi malas makan, pada akhirnya tubuh juga kekurangan nutrisi, untuk mencegahnya bisadengan rutin mengonsumsi buah tersebut.
Membantu menurunkan berat badan. 

Telah sejak lama vitamin C terbukti menjadi faktor penting terjadinya biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine berperan mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan di mana pembakaran lemak terjadi. Kurangnya molekul lemak selama proses metabolisme dapat menyebabkan penurunan energi dan kelelahan. Oleh karena itu, jika kadar carnitine dalam tubuh menurun maka akan terjadi penimbunan lemak.

Itulah beberapa manfaat penting buah duku. Bagi anda yang memiliki masalah dengan kesehatan,mungkin ada baiknya menjadikan buah ini sebagai menu harian anda. selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga Manfaat buah pepaya.


Sumber: http://www.manfaatbuahan.com/2015/07/manfaat-buah-duku-untuk-kesehatan.html#ixzz3zwNjaKYN

No comments:

Post a Comment