manfaat buah salak

Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan. Buah salah dengan nama latin Salacca Edulis yang merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan nutrisi yang cukup tinggi seperti kalisum, flavonoida, saponin, dan tannin sehingga menjadikan buah salah sebagai buah yang sangat baik untuk kesehatan kita. Kandungan yang terdapat dalam setiap 100gram buah salak mengandung sebanyak Kalori (77 kal), Protein (0,40 g), Karbohidrat (20,9 g), Kalsium (28 mg), Fosfor (18 mg), Zat besi (4,2 mg), Vitamin B (0,04 mg), Vitamin C (2 mg) dan juga Air (780 mg), Lemak (0,4 gram). 

Dengan kaya akan kandungan gizi yang terdapat dalam buah salah tentu saja buah ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat yang terdapat pada buah salak.


Manfaat Buah Salak

Baik untuk Kesehatan Mata 
Manfaat dari buah salak yang selanjutnya yaitu buah salak baik untuk kesehatan mata, karena kandungan betakaroten dalam 100 gram salaklebih banyak 5,5 kali dari buah mangga. Betakaroten. Dimana betakaroten adalah salah satu zat yang biasanya banyak terdapat dalam sayuran wortel yang dikenal sebagai slaah satu sayuran yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga, bagi anda yang mempunyai masalah dengan gangguan mata dan bosan dengan cara alami mengkonsumsi jus wortel, kini anda dapat mengganti mengkonsumsi jus wortel dengan jus salak yang lebih manis dan segar. 

Meningkatkan Kecerdasan Otak
Kandungan Pottasium dan Pektin dalam buah salak juga diduga dapat meningkatkan kinerja otak, dimana Pottasium sangat dimanfaatkan oleh sistem syaraf otonon yang meru[pakan pengendali detak jantung dan meningkatkan fungsi otak. 

Mencegah Terjadinya Sembelit 
Bagi sebagian orang mungkin akan beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi buah salak maka akan mengakibatkan susah untuk buang air besar, padahal persepsi tersebut belum tentu benar. Menurut penelitian seorang ahli gizi mengatakan bahwa, ketika kita mengkonsumsi buah salak, sebaiknya jangan membuang kulit arinya. Karena kulit ari yang terdapat dapat buah salak tersebut mengandung serat yang dapat mengurangi terjadinya sembelit. Jadi bagi anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi buah salak dengan cara membuang kulit ari nya, maka mulai dari sekarang anda tidak perlu membuang nya untuk mendapatkan manfaat yang baik dari mengkonsumsi buah ini. 

Penunjang Program Diet 
Seperti yang telah kita ketahui bahwa serat adalah salah satu nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, buah salak merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan serat, oleh karena itu bagi anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan disarankan untuk mengkonsumsi buah salak. Cara mengkonsumsinya, salak dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat dijadikan sebagai jus salak, minumlah jus salak tersebut 2 sampai 3 kali dalam sehari. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil diet secara optimal. 

Itulah beberapa manfaat dari buah salak, akan tetapi walaupun buah salah kaya akan nutrisi dan manfaat ternyata yang perlu anda ketahui adalah bahwa buah salak kurang dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil, karena dapat menyebabkan kontipasi. Selain itu juga, untuk anda yang mempunyai penyakit maag dan radang usus sebaiknya jangan mengkonsumsi buah salak karena terdapat kandungan tannin yang dapat menyebabkan kondisi usus yang luka menjadi lebih parah. 

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah salak untuk kesehatan, bagi anda yang sedang menjalankan proses penurunan berat badan tidak ada salahnya untuk menjadikan buah salah sebagai salah satu asupan makanan untuk anda. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Baca juga manfaat durian bagi kesehatan.


Sumber: http://www.manfaatbuahan.com/2015/07/manfaat-buah-salak.html#ixzz3zwMzOgbd

No comments:

Post a Comment